Rabu, 24 April 2019

Menumbuhkan Semangat Belajar

              
Menumbuhkan Semangat Belajar

Ini merupakan pengalaman pribadi cerita saya awal saya mendalami belajar Fotografi,Ini bisa jadi awal dimana saya suka dalam bidang fotografi, ketika duduk dibangku sekolah dasar saya sering melihat saudara saya menggunakan kamera film milik nya dan saya sangat menyukai hasil jepretannya dan sesekali saya mencoba untuk meminjam untuk sekedar memegang kamera nya, dan dengan seIzin nya saya juga diperbolehkan untuk menangkap gambar. Namun kePopularitas kamera Film hilang ketika Kamera digital mulai memperkenalkan diri.
Awal masuk Sekolah Menengah Pertama saya mengenal Handphone milik orang tua saya, yang kebetulan ada kamera nya. Dari situ saya belajar menggunakan nya dan walau hanya sekedar asal jepret namun saya bangga karena itu hasil saya sendiri. Seiring berjalan nya waktu saya belajar memaksimalkan kamera handphone milik orang tua saya, dan dari situ juga saya bergabung dengan komunitas pencinta kamera ponsel (KOFIPON), bergabung dengan Komunitas membuat saya makin giat belajar memaksimalkan kamera ponsel, saling sharing dengan teman dan terkadang bersama-sama kita foto bareng mencari objek entah itu dengan teknik fotomacro atau landscape.
          Ketika masuk ke sekolah menengah atas saya mulai mencoba Kamera DSLR(Digital Single Lens Reflex), namun bukan berarti saya meninggalkan kamera handphone saya, saya hanya ingin belajar hal baru atau mendapatkan skill baru dibidang fotografi ini. Ketika ini pun juga punya saya namun punya teman sekolah saya, awal awal masih agak kaku namun seiring saya sering menggunakan saya mulai terbiasa dengan kamera ini.
Agak malu didalam hati saya ketika saya terlalu sering menggunakan kamera teman saya ini, namun teman saya tetap memperbolehkan katanya tidak apa apa, ketika kita mempunyai sesuatu termasuk ilmu tentu harus dibagikan dengan yang lain. Ketika akhir Sekolah menengah atas saya ingin mengikuti lomba fotografi dengan tema Landscape, bermodalkan kamera milik teman saya ini, saya memulai awal lomba ini. Namun sangat disayangkan ternyata belum rezeki saya untuk memenangkan lomba ini, alih-alih membuat saya pantang semangat, tetapi saya malah semakin terpacu untuk mendalami ilmu ini, karena bagi saya tidak ada karya atau suatu hasil dalam seni fotografi ini Jelek, seni fotografi besifat relatif dan setiap orang mempunyai selera yang berbeda beda dalam menikmatinya.
          Semangat saya semakin bertambah ketika saya dipercaya untuk jadi kepala panitia dibagian dokumentasi untuk acara perpisahan sekolah, bersama tim yang saya buat saya semakin semangat untuk mengabadikan setiap moment, dan kerja keras saya dalam bekerja untuk acara ini membuahkan hasil, karena mendapatkan Upah atau gaji yang setimpal dengan apa yang saya hasilkan.
          Namun ketika saya ingin sekali mempunyai kamera, ada saja keperluan lain yang harus didahulukan, dan pada akhir nya saya mempunyai kamera pertama saya ketika awal masuk kuliah dengan hasil jerih payah saya sendiri, dari situ juga saya belajar bersama dengan komunitas yang ada dikampus saya dan memperluas pertemanan didalam bidang ini hingga keluar kota, walau untuk sekedar berbagi

ilmu namun ini merupakan hal yang sangat menyenangkan. Mulai dari situ juga saya mendapatkan pekerjaan sampingan ketika kuliah yaitu memotret, ntah itu Model, acara pernikahan, dan acara lain nya. Namun pada seketika ketika saya sedang senang nya mempunyai kamera, saya harus menjual nya untuk keperluan yang lebih penting.
          Alih alih membuat saya sedih, namun malah membuat pekerjaan saya dibidang foto ini semakin banyak. Seketika saya saya yang dibutuhkan didalam pekerjaan ini bukan hanya sekedar Kamera dan asal jepret, namun lebih dari itu harus ada Skill, atau yang bisa dikuasai dalam bidang ini. Ketika saya bertanya mengapa memilih dengan saya mereka menjawab karena kami suka hasil foto mu. Kamera memang bukan inti dari bidang ini , namun mempunyai kamera bukan lah yang utama , lebih dari itu kau harus menguasai nya memperdalam belajar menggunakan nya makan kau akan dapat hasil yang memuaskan.
Walau sampai saat ini saya belum mempunyai nya kembali dan masih menggunakan kamera teman saya, namun saya yakin suatu hari nanti saya bisa memiliki kembali kamera idaman saya dan memulai kembali apa yang pernah dahulu saya fokuskan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menumbuhkan Semangat Belajar

               Menumbuhkan Semangat Belajar Ini merupakan pengalaman pribadi cerita saya awal saya mendalami belajar Fotografi,Ini...