Rabu, 03 April 2019

Kerjasama dalam satu tim


Kerjasama dalam satu tim

Manusia selain sebagai makhluk individu, manusia juga disebut sebagai makhluk sosial. Artinya manusia memiliki kebutuhan dan kemampuan serta kebiasaan untuk berkomunikasi dan berinteraksidengan manusia yang lain, selanjutnya interaksi ini berbentuk kelompok.

Ketika saya menjabat sebagai wakil ketua Organisasi karang taruna didaerah sekitar rumah saya, mempunyai tim yang utuh adalah kunci nya, karena pada dasarnya ketika menjabat sebagai wakil ketua saya tidak bisa menjalankan amanat seorang diri, saya membutuhkan teman teman saya untuk melaksanakan tugas yang sudah terbagi, setiap ada kegiatan kami usahakan untuk saling membantu satu sama lainnya. 

Kompak nya warga desa juga membantu saya ketika ada kegiatan gotong royong. Namun tidak dalam gotong royong saja, ketika ada warga desa yang membutuhkan kami dengan sigap membantu bersama-sama. Selain menjadi makhluk individu, manusia juga menjadi makhluk sosial. Makhluk sosial ialah: makhluk yang tidak dapat hidup sendiridi dunia ini dan membutuhkan bantuan orang lain untuk terus hidup. Karena menjadi makhluk sosial manusia memiliki sifat suka bekerjasama dan bersaing . Apabila dalam bekerjasama dan bersaing manusia berlaku terbuka maka akan tercipta  harmoni sosial. Akan tetapi jika masnusia bersaing secara tidak tertutup maka bisa terjadi  konflik antar manusia. Sebagai makhluk sosial manusia merindukan suasana damai tetapi juga tak pernah terhindar dari konflik. 

Kesimpulan dari makalah ini adalah hakikat manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat dipungkiri lagi. Manusia membutuhkan orang lain dalam menjalankan kehidupan di dunia ini begitu juga manusia membutuhkan Tuhan untuk memperoleh ketenangan jiwa. Tanpa mempercayai Tuhan manusia tidak akan merasakan ketenangan melainkan kegelisahan dalam hidupnya. Sifat dasar manusia adalah membutuhkan orang lain, untuk tetap dapat bertahan hidup setiap manusia membutuhkan kemampuan manusia lain, setiap manusia mempunya kelebihan dan kekeurangan, kelebihan tersebut akan di gunakan untuk membantu atau menutupi kekurangan orang lain, sedangkan kekurangan kita dapat kita tutupi dengan kelebihan orang disekitar kita, juga kita dapat belajar memperbaiki diri dari kesalahan orang lain atau sejarah.

1 komentar:

  1. As stated by Stanford Medical, It is indeed the one and ONLY reason women in this country live 10 years more and weigh 19 KG lighter than us.

    (And actually, it really has NOTHING to do with genetics or some secret exercise and absolutely EVERYTHING to do with "how" they eat.)

    BTW, I said "HOW", and not "WHAT"...

    CLICK on this link to find out if this quick quiz can help you release your real weight loss potential

    BalasHapus

Menumbuhkan Semangat Belajar

               Menumbuhkan Semangat Belajar Ini merupakan pengalaman pribadi cerita saya awal saya mendalami belajar Fotografi,Ini...