Rabu, 03 April 2019

Pengantar Komputasi Modern (Tugas 1)

PENGANTAR KOMPUTASI MODERN

Teori komputasi adalah cabang ilmu komputer dan matematika yang membahas apa dan bagaimana suatu masalah dapat dipecahkan dengan menggunakan algoritma. Bidang ilmu ini membahas hal terkait komputabilitas dan kompleksitas, dalam kaitannya dengan formalisme komputasi. Implementasi Komputasi terbagi dalam beberapa bidang diantaranya:

1.              Computational Physics (Fisika)
Implementasi komputasi modern di bidang fisika ada Computational Physics yang mempelajari suatu gabungan antara Fisika,Komputer Sain dan Matematika Terapan untuk memberikan solusi pada “Kejadian dan masalah yang komplek pada dunia nyata” baik dengan menggunakan simulasi juga penggunaan algoritma yang tepat. Implementasi pada ilmu pengetahun fisika dimana menggunakan algoritma numerik untuk memecahkan permasalahan teori kuantitatif fisika yang sudah ada.

2.              Computational Economics (Ekonomi)
Implementasi pada ilmu pengetahuan ekonomi adalah mempelajari agent-based computational modeling, computational econometrics dan statistika, komputasi keuangan, computational modeling of dynamic macroeconomic systems, pemrograman yang didesain khusus untuk komputasi ekonomi, dan pengembangan alat bantu dalam pendidikan komputasi ekonomi.

3.              Computational Chemistry (Kimia)
Implementasi dari bidang ilmu pengetahuan adalah memaparkan dari dari teori kimia digabungkan dengan program komputer yang handal untuk menghitung struktur dan sifat molekul.
4.             Computational Matematics (Matematika)
Penerapan teknik-teknik komputasi matematika meliputi metode numerik, scientifik computing, metode ielemen hingga metode beda, scientific data mining, scientific process control dan metode terkait lainnya untuk menyelesaikan masalah nyata berskala besar. 

5.             Bioinformatics (Biologi)
Merupakan sebuah aplikasi dari teknologi informasi dan ilmu komputer terhadap bidang biologi molekuler.

6.            Computational Geology (Geologi)
Teori komputasi biasanya digunakan untuk pertambangan, sebuah sistem komputer digunakan untuk menganalisa bahan-bahan mineral dan barang tambang yang terdapat di dalam tanah. 

7.           Computational Sociology (Sosiologil)
Sebuah cabang ilmu sosiologi yang menggunakan metode komputasi intensif untuk menganalisa fenomena sosial.

8.             Cognitive Science (Ilmu Kognitif)
Sebuah cabang ilmu menengah yang mempelajari bagaimana informasi dibentuk dan digambarkan oleh otak.


Komputasi Modern
Komputasi Modern merupakan Sebuah sistem yang akan menyelesaikan masalah matematis menggunakan komputer dengan cara menyusun algoritma yang dapat dimengerti oleh komputer yang berguna untuk menyelesaikan suatu masalah.  Dalam komputasi modern terdapat perhitungan dan pencarian solusi dari masalah.


                                                                          
                        Contoh penerapan komputasi modern pada bidang Ekonomi



( Tampilan awal website )



( Tampilan halaman website )


( Tampilan halaman website )




( Tampilan Halaman Website )

1.       Kolom pencarian


Digunakan untuk mencari barang , dengan mengetikan nama barang yang kalian cari.

2.       New user ? register atau Login


                Digunakann untuk membuat akun Carousell, jika kalian belum mempunyai akun kalian bisa mengeklik new user, tetapi jika kalian sudah mempunyai akun kalian bisa langsung klik Login.

3.       Sell 

Jika kalian ingin menjual suatu barang kalian bisa mengeklik Tombol Sell .

4.       Kategori – kategori 


Jika kalian sudah tau apa barang yang akan kalian cari, kalian bisa mengklik langsung kategori barang apa yang kalian ingin kan .

5.       Explore Carousell

        Seperti kategori namun ini agak sedikit berbeda jika kalian mengKlik Electronics maka kalian akan langsung masuk ke seluruh kategori Electronics.




6.       Fresh find

Fresh find adalah barang yang baru saja dimasukan oleh user carousell lain nya, yang bisa kalian temukan langsung ketika masuk ke halaman web awal carousel.

7.       Carousell 

Pada bagian ini terdapat informasi yang langsung mengarahkan ke Carousell , berupa help center atau informasi pekerjaan , dan lainnya.

8.       Group

Berupa informasi tentang group carousell, jika ingin berminat join kalian tinggal mengklik halaman tersebut .

9.       Follow 

Terdapat tombol yang akan mengarahkan ke akun media sosial carousell seperti Facebook, twitter, dan blog.

10.   Bahasa 

Terdapat pengaturan bahasa yang bisa kalian pilih secara langsung.

Kesimpulan: Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa website ini termasuk ke dalam penerapan komputasi modern pada bidang Ekonomi . Website ini sangat bermanfaat bagi para pengunjungnya, dengan terdapatnya banyak fitur yang mudah diakses . mampu dipahami semua kalangan .
Kelebihan : kelebihan dari website ini adalah pembeli bisa menggunakan fitur yang bisa menego harga secara langsung , dan penjual tidak perlu khawatir karena carousell tidak akan menerima angka harga yang sangat kecil yang bisa membuat penjual kecewa . selain itu ada berupa fitur Pesan sudah terbaca seperti Tanda Centang dua pada kolom pesan .
Kekurangan : halaman web yang kurang menarik , dan terdapat banyak nya iklan pada halaman web mengganggu interface terhadap pengguna. Serta terlalu berlebihan nya fitur seperti fitur kategori yang terlalu banyak yang terdapat diatas halaman web, dan dibawah .  

Sumber
https://id.carousell.com/
http://ciualbert.blogspot.com/2016/04/teori-komputasi.html

1 komentar:

  1. If you're attempting to lose weight then you need to start following this brand new personalized keto plan.

    To produce this service, certified nutritionists, fitness trainers, and professional cooks joined together to develop keto meal plans that are efficient, convenient, cost-efficient, and fun.

    Since their launch in early 2019, hundreds of people have already completely transformed their figure and health with the benefits a smart keto plan can give.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover eight scientifically-tested ones offered by the keto plan.

    BalasHapus

Menumbuhkan Semangat Belajar

               Menumbuhkan Semangat Belajar Ini merupakan pengalaman pribadi cerita saya awal saya mendalami belajar Fotografi,Ini...