Jumat, 19 Mei 2017

Surga nan indah diTaman Nasional Gunung Halimun Salak


Taman Nasional Gunung Halimun Salak
                Taman nasional gunung Halimun Salak , Taman nasional ini berada di bogor adalah salah satut taman nasional yang terletak di jawa bagian barat. Kawasan konservasi dengan luas 113.357 hektare ini menjadi penting karena melindungi hutan hujan daratan rendah yang terluas di daerah ini, dan sebagai wilayah tangkapan air bagi kabupaten-kabupaten di sekelilingnya. Melingkup wilayah yang bergunung-gunung, dua puncaknya yang tertinggi adalah Gunung halimun (1.929 m) dan Gunung salak (2.211 m). Keanekaragam hayati yang dikandungnya termasuk yang paling tinggi, dengan keberadaan beberapa jenis fauna penting yang dilindungi di sini seperti babi hutan, Elang jawa, Macan tutul jawa, owa jawa, surili dan lain-lain.

Rute ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak .
Untuk mencapai kawasan Gunung Salak Endah sebenarnya ada beberapa alternatif. Tapi kami lebih suka lewat Dramaga. Jadi kalau dari Jakarta masuk tol Jagorawi arah Bogor/Ciawi, keluar di exit Sentul Selatan/City (Lingkar Bogor, Kd. Halang), belok kanan untuk mengambil tol Lingkar Bogor, keluarnya di Dramaga. Ketemu lampu merah, belok kiri ke arah Dramaga/Leuwiliang (Jl. Abdullah bin Nuh). Lurus saja  sampai ketemu pertigaan mentok, belok kanan, susuri Jl. Raya Dramaga. Sekitar 10 menit setelah melewati kampus IPB Dramaga ada pertigaan, dengan penanda DODIKLATPUR, di situ ambil ke kiri. Kita sudah memasuki Jl. Cicadas, daerah Ciampea. Sekitar 20 menit kemudian, ada percabangan, ambil yang kiri, itu kita sudah memasuki jalan Desa Gunung Bunder, alias Jalan Gunung Salak Endah. Kontur jalanan menanjak, sempit dan lika-liku. Kurang lebih berkendara 20 menit lagi, tibalah kita di gerbang masuk TN Gunung Halimun Salak.
 Waktu saya berkunjung ke TNGHS disini banyak curug seperti curug cihurang, curug ngumpet 1, curug pangeran, curug kondang(ngumpet 2), curug cigamea, curug sawer,  curug seribu, curug muara herang , diTNGHS pun ada Kawah yang bernama Kawah ratu, ditaman nasional ini juga ada hutan pinus dan area camping yang cocok bagi kalian jika ingin camping disini .
Namun ketika berkunjung ke TNGHS saya berkunjung ke salah satu curugnya yaitu curug Kondang(Ngumpet 2), tiket masuk untuk ke curug kondang ini seharga Rp.10000 dan biaya parkir motor seharga Rp.5000 . dari pintu masuk curug kondang ini kita harus berjalan sekitar 200 meter untuk sampai ke curug nya dengan nuansa yang masih asri, udara yang sejuk dan banyak nya rimbun pepohonan menambah asik nya perjalanan dengan ketinggian curug sekitar 40-50 meter menambah kecantikan curug kondang ini .ketika saya berkunjung kecurug kondang saya tidak datang dihari libur, jadi ketika saya datang hanya saya berdua dan teman saya disini cukup asik untuk menghilang kan penat tugas kuliah. untuk kalian yang ingin merasakan segarnya air curug ini harus berhati hati sebab ada tali berwarna kuning yang menandakan kita tidak boleh berenang melebihi batas tali tersebut , oiya di curug ini terkadang masih terlihat sekumpulan monyet yang turun dari pepohonan , namun sayang nya saat kami berkunjung saya tidak sempat memfoto monyet tersebut , dan jangan  lupa tetap menjaga kebersihan ditempat ini tanpa membuang sampah sembarangan dan menjaga sikap dan tutur kata disini . Taman nasional gunung salak ini bisa menjadi referensi liburan akhir pekan kalian yang bingung dan penat akan hiruk pikuk kota. Ayo main ke Taman nasional jadilah generasi muda yang mencintai alam dan ikut berpartisipasi .

Ingat harus mematuhi peringatan ini, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.


Memakai blanket Tenun dari @awanethniccraft

Gazebo di sekitar Curug Kondang

Curug Kondang (ngumpet 2)

Menikmati semilir nya angin sore di hutan pinus Gunung Halimun Salak

Hutan pinus Gunung Halimun Salak

Warung di jalur Gunung Halimun Salak

Jalur Gunung Halimun Salak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menumbuhkan Semangat Belajar

               Menumbuhkan Semangat Belajar Ini merupakan pengalaman pribadi cerita saya awal saya mendalami belajar Fotografi,Ini...